Bagaimana Cara Membuat Komputer Sistem Operasi Windows Menjadi Hotspot WIFI

Selamat datang. Menurut Wikipedia, Hotspot adalah lokasi fisik di mana orang dapat memperoleh akses Internet , biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi , melalui jaringan area lokal nirkabel (WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan Internet .

Sederhananya, hotspot adalah lokasi fisik tempat user dapat menghubungkan perangkat mereka, seperti smartphone dan tablet, laptop ke Internet secara nirkabel.

Tempat dimana hotspot berada bisa  di lokasi pribadi atau publik, seperti kedai kopi, bandara, hotel, perkantoran,  Sementara ada hotspot publik menawarkan akses nirkabel pada suatu jaringan terbuka dan bisa diakses tanpa membayar, ada juga yang lainnya harus membayar sebagai penggantian penggunaan layanan ini. 

Pada jaringan normal suatu lingkungan hotspot memiliki perangkat router yang mengatur lalu lintas data antara perangkat yang ingin terhubung ke internet. Kemudian perangkat, yang digunakan user untuk terhubung, baik itu untuk keperluan penelusuran informasi adalah yang paling sering ditemukan. Hotspot juga bisa digunakan untuk proses akses database, misalnya ada proses server-client dengan menggunakan aplikasi yang bisa diakses apabila terhubung dalam suatu jaringan WiFi. Ada pula perangkat yang ingin terhubung dengan perangkat lain via hotspot ini. Pernah Anda menemukan perangkat smartphone terhubung dengan smartphone melalui aplikasi menggunakan jaringan WiFi tanpa perantara hotspot? Koneksi ini dinamakan ad-hoc. Dalam model yang akan kita bahas sekarang adalah perangkat yang terhubung ke komputer, dimana komputer berperan sebagai hotspot WiFi yang tentunya harus terpasang modul WiFi agar pengaturan bisa berhasil.

Router terbagi atas dua jenis. Pertama router nirkabel, yang mengirim data tanpa kabel ke perangkat yang mendukung standar nirkabel yang sama. Ini memungkinkannya untuk menerima dan mengirim informasi dari dan ke internet. Router mengatur lalu-lintas data disekitar dengan jarak yang telah ditentukan agar bisa terhubung. Misalnya 500 meter untuk perangkat hotspot yang tidak menggunakan extender.

Kedua Router berkabel. Router ini terhubung langsung melalui koneksi kabel. Biasanya yang menggunakan ini adalah perangkat komputer yang memiliki port fisik yang terhubung dengan router dan perangkat lain yang juga memiliki port fisik ini dalam rangka pendistribusian informasi. Misalnya laptop dan komputer. 

Hotspot yang akan kita bahas berikut adalah koneksi langsung antara perangkat dengan komputer yang setel untuk menyediakan layanan hotspot. Terlepas dari apakah komputer tersebut terhubung ke internet atau tidak. 

Berikut kita akan membahas cara membuat komputer menjadi hotspot wifi, jadi bagi kamu user yang tidak memiliki perangkat wifi bisa langsung mengaktifkan fitur yang dimiliki OS Windows sebagai hotspot wifi atau sebutan dalam OS Windows adalah hostednetwork.

Bagi pengguna OS lain misalnya Linux, akan ada pembahasan cara pengaturannya pada artikel selanjutnya.

Ok langsung saja kita praktekan. Pertama buka command prompt dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

start- windows system - command prompt dan klikkanan - kemudian run as administrator

Selanjutnya mari kita cari tahu apakan kartu wifi yang terinstall pada komputer bisa dijadikan perangkat hotspot atau tidak. Ketik perintah berikut:

netsh wlan show drivers

windows-wifi

akan ada keterangan yang menyatakan kalau kartu wifi bisa digunakan sebagai hostednetwork.

Apabila yes atau bisa digunakan sebagai hostednetwork, kita lanjutkan ke tahap penggunaan yaitu dengan mengetikan perintah sebagai berikut

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namajaringan key=password

kemudian untuk memulainya ketikan perintah sebagai berikut

netsh wlan start hostednetwork

hasilnya adalah coba kita lihat pada perangkat yang dapat menggunakan layanan ini.


windows-wifi

Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat untuk kedepannya. Apabila ada kendala silahkan tinggalkan komentar dibawah. Berikut video lengkap pembahasan Windows hostednetwork, silahkan dipantau.

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url