Bagaimana Cara Mengambil Data Dari Mobile Phone/Handphone Ke Komputer Lewat Jaringan WIFI (Tanpa Kabel)

Jaringan nirkabel (Inggris: wireless network) adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit) - Wikipedia. Jaringan WiFi seperti pada pembahasan terdahulu, memungkinkan dua perangkat dapat terhubung satu sama lain secara langsung  tanpa menggunakan kabel disebut koneksi ad-hoc. Kedua perangkat harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh IEEE 802.11. Ada beberapa aplikasi smartphone yang memfasilitasi kamu untuk mengambil file ke komputer tanpa kabel, salah satunya adalah AirDroid. File-file seperti gambar, foto, dukumen yang diedit dan tersimpan dalam smartphone  dapat dengan mudah diakses lewat komputer. Keuntungannya antara lain 

  • Kamu bisa melihat file-file pada layar yang lebih besar.
  • Dengan menggunakan aplikasi ini  kamu bisa melihat foto, video, file-file musik, mengirim SMS,  dan melakukan panggilan lewat komputer, kemudian mendownloadnya ke komputer.
  • Kamu juga bisa melakukan hal sebaliknya. File-file dari komputer bisa diupload ke smartphone.
  • Mudah digunakan, karena akses dilakukan menggunakan browser. Bisa menggunakan aplikasi bawaan windows yaitu Internet Explorer/Microsoft Edge atau aplikasi populer lain seperti Firefox, Chrome, Dan Opera, dan lain-lain.

Mungkin selanjutnya kamu bisa mencoba software lain yang tersedia di Google Play atau sumber lain yang telah tersedia. Untuk pembahasan kali ini mari kita bahas aplikasi yang bernama AirDroid.

airdroid

  • Buka Google Play dan cari aplikasi AirDroid dan lakukan penginstallan.
  • Buka aplikasi AirDroid dan akan terlihat welcome screen aplikasi airdroid.
  • Skip saja dengan menekan tombol skip di layar kanan atas.
  • Berikan izin aplikasi.

Sampai disini mari kita lakukan konfigurasi pada komputer.

  • Apabila kamu mempunyai perangkat hotspot wifi di rumah, kamu bisa langsung lakukan koneksi komputer kejaringan wifi.
  • Apabila tidak ada perangkat wifi, kamu bisa gunakan wifi direct dengan mengkonfiguriasi komputer untuk tersambung langsung dengan smartphone. Pastikan komputer kamu terinstall kartu jaringan wireless atau gunakan jenis portable usb.

Silahkan pantau artikel terdahulu untuk melakukan konfigurasi wifi direct.

Apabila jaringan siap dipakai, lakukan koneksi secara langsung dari mobile phone. Cari ssid namajaringan dan ketikan password. 

Buka aplikasi AirDroid dan tekan "Airdroid web" akan ada dua optional dan yang akan kita pakai adalah option ke dua.

Buka browser misalnya firefox dan masukkan alamat url yang diterangkan pada option dua.

Pada saat koneksi akan ada konfirmasi dari mobile phone untuk menerima koneksi.

Mari kita lihat pada browser komputer. Kita lihat file-file smartphone bisa diakses lewat komputer.

airdroid

Sebagai tambahan Aplikasi ini juga bisa dilihat dibrowser smartphone. Pada Android aplikasi default untuk browser yaitu Chrome (bisa juga menggunakan aplikasi browser seperti Mozilla dan Opera, lihat daftarnya di Play Store Google) dapat digunakan untuk melihat data-data yang ditampilkan oleh smartphone dimana aplikasi AirDroid terinstall. Jadi proses bisa dilakukan antara smartphone dengan smartphone lain. Koneksi ini juga bisa disebut koneksi ad-hoc dimana terjadi koneksi antara perangkat dengan perangkat, yang sebelumnya untuk mengakses smartphone yang terinstall aplikasi AirDroid harus terhubung langsung dengan smartphone yang ingin mengakses data. Misalnya koneksi melalui tethering atau penambatan.

Demikian, semoga bermanfaat. apabila kamu ada kendala silahkan meninggalkan komentar dibawah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Berikut penjelasan detail video mengenai "Bagaimana Cara Mengambil File Dari Mobile Phone/Handphone Ke Komputer Lewat Jaringan WIFI (Tanpa Kabel)" 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url