Cara Menghapus Temporary File Di Handphone Android


Smartphone atau handphone dan aktifitas terhadapnya sudah melekat pada rutinitas kita kesehariannya. Masyarakat menggunakan handphone untuk melakukan transaksi bisnis, gaming, berselancar diinternet, atau melakukan instant messenging seperti aplikasi Whatsapp dan aplikasi lain dengan fungsi yang berbeda.

Apabila kamu mengunakan handphone sesering mungkin, maka aplikasi yang kamu gunakan akan menyimpan jejak kegiatan kamu dalam memory handphone. Semakin lama kegiatan yang kamu lakukan semakin banyak pula jejak kegiatan yang disimpan oleh handphone kamu. Jejak ini biasa disimpan pada temporary file oleh aplikasi.

Apabila dibiarkan, temporary file dapat mengakibatkan ruang memory pada handphone kamu membengkak dan hal ini akan mengkibatkan aktifitas terganggu karena akam mengurangi performa handphone kamu dalam melakukan task kamu kesehariannya.

Berikut cara yang dapat kamu tempuh untuk menghapus temporary file yang tidak diperlukan dihandphone android.

  1. Buka menu Pengaturan → Penyimpanan dan pada kanan atas layar akan ada menu “bersiahkan.” Klik menu tersebut dan proses penghapusan dilaksanakan.
  2. Tunggu hingga proses scanning file ini selesai.
  3. Apabila menu bersihkan terlah muncul yang menandakan proses scanning file telah selesai, maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol tersebut untuk mengakhiri proses.
  4. Proses selanjutnya adalah mengulangi proses sebelumnya apabila masih dianggap file yang ditampilkan perlu untuk dilakukan pembersihan.

Pada menu yang ditampilkan dibawah terdapat terdapat daftar aplikasi yang memuat temporary file. Kamu bisa memilih aplikasi mana yang akan dihilangkan temporary file atau cache file. Apabila sudah ada dalam menu tersebut maka pilihlah daftar aplikasi yang ditampilkan atau pilih semua aplikasi yang ditampilkan untuk menghapus file-file cache pada masing-masing aplikasi yang dipilih. Hati-hati guys, file cache yang dihapus tidak dapat dikembalikan lagi jadi harus yakin bahwa aplikasi yang akan kita hapus file cache-nya memang aplikasi yang tidak menampung riwayat yang penting, misalnya aplikasi whatsapp file cache ini berisikan daftar nomor pengirim dan penerima pesan, daftar pesan, email, dan data penting lainnya. Apabila kamu menghapus cache maka aplikasi akan kembali ke model awalnya yang tidak pernah digunakan. 

Demikian artikel kali ini dan apabila kamu punya pertanyaan maupun tanggapan silahkan tinggalkan komentar dikolom komentar. Silahkan cek artikel lain untuk menambah referensi kamu. Akhir kata terimakasih dan samapi jumpa di artikel selanjutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url