Bagaimana Cara Membuat Akun Baru Dikomputer Sistem Operasi Windows Pada Windows 10, 7, XP Dan 98

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Sampai dengan saat ini telah direlease ke publik Sistem Operasi Windows 11 pada 5 Oktober 2021.

Bagi pengguna versi sebelumnya yaitu Windows 10 bahkan sudah merasakan perbedaan dibandingkan dengan pendahulu-pendahulunya seperti Windows 7 yang populer, Windows XP, dan 98 yang mungkin sampai saat ini masih ada yang menggunakan karena kebutuhan tertentu. Tidak bisa dipungkiri, keberadaan Sistem Operasi ini telah mengubah kehidupan orang banyak dalam bidang teknologi dan informasi. Bidang yang mengangkat manusia kederajat yang berada pada level tinggi dibandingkan teknologi yang digunakan pada masa-masa terdahulu. Tidak disatu daerah namun seluruh penjuru dunia, bayangkan apabila manusia hidup tanpa komputer. Hidup tidak akan semenarik seperti sekarang ini dirasakan. Setiap orang dibekali dengan gadget smartphone baik itu untuk kepentingan bisnis, komunikasi, ilmu pengetahuan, rekayasa, gaming, seni, dan pembelajaran bagi murid dan mahasiswa.

akun-windows


Kembali ke pembahasan, artikel kali ini akan membahas cara membuat akun baru dikomputer windows pada windows 10, 7, XP dan 98. 

Pertama. Membuat akun lewat command prompt

  • Buka commad prompt dengan menekan tombol 

start-windows system- command prompt dan klik kanan runas administrator.

  • Untuk membuat user baru, ketikan perintah 

net user userbaru /add

  • Untuk melihat user yang baru kita buat tadi ketik perintah:

net user

maka akan muncul semua user yang ada didalam Windows. Kita bisa melihat user "userbaru" pada daftar yang ditampilkan.

  • Untuk menambahkan password ketik perintah

net user userbaru password

sehingga penggunaannya, misalnya pada saat login kekomputer untuk pertama kali dinyalakan.

  • Untuk menjalankan program lewat cmd dengan userbaru yang baru kita buat, ketik perintah

runas /u:userbaru taskmgr

kemudian masukkan password yang diminta

  • Dan disini kita bisa melihat pada kolom user name, program task manager berjalan menggunakan user yang baru kita buat tadi.



Kedua. membuat akun lewat control panel

  • Buka control panel dengan menekan tombol 

start - icon settings, kemudian accounts, Family & other users

dan klik 

add someone else the PC

untuk menuju ke form pembuatan account. Masukkan data-data yang diperlukan untuk meneruskan proses pembuatan akun. Mari kita verifikasi user yang baru kita buat,

Buka command prompt kemudian ketik

net user

untuk melihat semua user yang ada

Disini dapat kita lihat user baru yang kita buat tadi. Kemudian coba kita jalankan program menggunakan user ini. Ketikan perintah

runas /u:"userbaru 2" taskmgr

dapat kita lihat taskmanager berjalan menggunakan user yang baru kita buat tadi. Untuk pembuatan akun pada windows 7, dan Windows XP lewat command prompt kurang lebih sama dengan cara pembuatan akun lewat di Windows 10. Pembuatan akun lewat control panel berbeda pada tampilan GUI meskipun proses pada dasarnya sama yaitu lewat aplikasi Control Panel. Sedangkan pada Windows 98, pembuatan akun hanya lewat Control Panel.

Demikian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu untuk berguna nantinya. Selanjutnya, mari kita lihat demonstrasi pembuatan account pada windows 7, XP, dan 98 pada video berikut ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url