Bagaimana Cara Membuat Akun Baru Di Komputer Sistem Operasi Linux

Linux adalah keluarga sistem operasi bebas dan sumber terbuka yang pada dasarnya dibangun di atas kernel Linux, yaitu sebuah kernel sistem operasi yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada 1991. Linux dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU versi 2 - Wikipedia.  Untuk artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat akun pada komputer linux Ubuntu. Pilihan distribusi yang akan kita kita pakai adalah ubuntu 18.04 LTS dengan code name Bionic Beaver.

Ubuntu 18.04 adalah salah satu distribusi linux yang berbasis debian, dirilis pada tanggal 26 April 2018 dan masa berakhir long time servicenya akan jatuh tempo pada tanggal April 2023 pada rentan waktu ini dia akan mendapatkan security patch dan support sampai tiba jatuh tempo, dan selanjutnya versi akan digantikan versi baru sebagai kelanjutan perkembangan sistem operasi ini.

Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama." Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Sistem Operasi Ubuntu sudah sangat populer digunakan kalangan milenial untuk berbagai keperluan, mulai dari designer, programer, creator, sampai dengan kalangan umum yang menggunakan sistem operasi untuk 

keperluan office dikarenakan tempilannya yang user friendly sebagaimana Pilihan distribusi linux yang lain.

Sistem Operasi Ubuntu merilis versi terakhirnya 3 bulan lalu pada tanggal 14 Oktober 2021 dengan code name Impish Indri. Sampai dengan sekarang Ubuntu telah merilis versi desktop dan server dukungan untuk arsitektur 32bit dan 64 bit. Pada tahun 2018 arsitektur 32 bit dihentikan sampai versi 18.04, sehingga apabila kamu ingin menginstall 32 bit, bisa menggunakan varian dari Ubuntu seperti Xubuntu atau Mate.

Pada demonstrasi kali ini kita akan melihat bagaimana cara membuat akun

menggunakan program terminal, yaitu program yang sama-layaknya dengan

command prompt pada Operating System Windows. Mari kita praktekan. Panggil program terminal, dan ketik perintah

useradd userbaru6

untuk melihat user yang baru kita buat tadi ketik perintah

cat /etc/passwd

Perintah "cat" adalah program pada os linux untuk mereview file. Kemudian "/etc" adalah salah satu directory system pada os linux

dan "/passwd" adalah file dimana os linux menyimpan semua user dan passwordnya masing-masing.

Demikian Artikel kali ini dan selanjutnya mari kita lihat penjelasan lebih detail pada video berikut mengenai "Membuat Akun Baru Di Komputer Linux."



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url