Apa Saja Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Setelah Proses Penginstall Sistem Operasi Ubuntu Selesai

Artikel berikut kita akan membahas hal-hal apa saja yang dilakukan setelah proses penginstall ubuntu selesai. Sekali lagi selamat apabila kamu berhasil menginstall ubuntu dalam pc atau laptop kamu. Apabila
belum, silahkan tinjau artikel terdahulu sebelum melanjutkan pembahasan artikel ini.
Apa saja ya yang dilakukan setelah penginstallan berhasil.. 
nah guys, kamu bisa memulainya dengan melakukan hal-hal berikut ini.

setelah-install-linux


Pertama, install vlc untuk memutar file multimedia
VLC Media Player merupakan perangkat lunak (software) pemutar beragam berkas (file) multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain-lain. VLC Media Player juga dapat digunakan untuk memutar DVD, VCD, maupun CD. VLC Media Player bersifat sumber terbuka (open source) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi. Mulai dari Microsoft Windows, beragam distro Linux, Mac OS, dan beberapa sistem operasi lainnya (wikipedia).
Untuk mengunduh VLC, buka terminal dan ketik perintah sebagai berikut:

sudo apt-get install VLC

Tunggu sampai proses installasi VLC selesai, kemudian kamu bisa langsung membuka file multimedia untuk memutarnya.


Kedua, install gnome tweaks untuk mengkonfigurasi antar muka dengan pengguna
Untuk menginstall aplikasi gnome-tweaks, buka terminal dan ketik perintah sebagai berikut:

sudo apt-get install gnome-tweaks

Setelah penginstallan kamu bisa mengubah tema, menonaktifkan animasi untuk mempercepat tampilan desktop, mengubah icon, dan masih banyak lagi.


Ketiga, atur ubuntu dock
Ubuntu dock menampilkan icon aplikasi sehingga lebih cepat dibuka, secara default berada pada kiri layar sistem operasi Ubuntu, Namun kamu bisa mengubahnya untuk diletakkan disebelah kanantad atau bawah sesuai dengan keinginan. Untuk mengubahnya panggil pengaturan atau settings dan tekan menu appearance. Pada pengaturan kamu juga bisa membuat tampilan dock menjadi lebih besar atau lebih kecil.


Keempat, hidupkan mode malam otomatis: night light
Untuk mengaktifkan fitur ini, panggil pengaturan dan klik menu device -> display. Aktifkan dengan menekan tombol menjadi "on" akan memberikan tampilan layar yang cocok untuk mode malam.


Kelima, install update ubuntu
Untuk melakukan update sekaligus upgrade buka terminal dan ketikan perintah sebagai berikut : 

sudo apt-get update && apt-get upgrade

Proses apt-get update akan mengakses repository untuk versi aplikasi terakhir, sedangkan ap-get upgrade akan mengakses apakah ada versi sistem operasi yang terbaru.


Keenam, membersihkan sistem ubuntu
Buka terminal dan ketik perintah sebagai berikut:

sudo apt-get autoremove && sudo apt-get clean

Perintah apt-get autoremove akan membersihkan dependencies yang diperlukan suatu aplikasi pada saat penginstallan dengan apt-get. Sisa-sisa dependencies akan dibersihkan pada saat proses peng-uninstallan aplikasi. 
Sedangkan apt-get clean akan membersihkan akan membersihkan cache pada yang ada pada saat proses penginstallan aplikasi dilakukan. Biasanya folder cache berada di direktori /car/cache/apt/archives

Ketujuh, terakhir sebagai tambahan apabila ingin mengembangkan website secara local,
di linux ada versi  xampp dengan nama lampp dan bisa didownload disitus resmi 
yang selanjutnya kamu bisa dengan bebas mengembangkan website secara local.
Sampai dengan artikel ini diterbitkan, versi XAMPP terbaru adalah XAMPP 8.1.4 yang tersedia untuk berbagai variasi sistem operasi termasuk sistem operasi Ubuntu Linux.
Download aplikasi XAMPP di alamat situs https://www.apachefriends.org/download.html, setelah itu lakukan installasi dengan membuka terminal dan mengetikan perintah sebagai berikut

sudo ./xampp-linux-x64-8.1.4-0-installer.run

Ikuti instruksi installasi sampai dengan proses terakhir.

Demikian artikel kali ini dan apabila kamu ada kendala atau pertnyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Berikut mari kita lihat video "Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Setelah Proses Penginstall Sistem Operasi Ubuntu Selesai"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url