Beralih ke OS Linux - Cara Installasi Ubuntu Linux (Dual Boot)


dual-os

Sedikit sejarah mengenai ubuntu

Artikel berikut kita akan membahas bagaimana cara menginstall linux pada suatu PC yang sebelumnya sudah terinstall windows.

Ubuntu (sering diketik ubuntu) merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasis Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas.

Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama" Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Apakah alasan yang mendasari  untuk beralih ke OS Linux? Beberapa istilah yang muncul sebagai alasan adalah free, open source, dan user friendly. Free atau gratis, artinya untuk mendapatkannya, kita tidak dengan membelinya, jadi tidak perlu mengeluarkan uang. Open source artinya kode sumber bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan kita. Dan user friendly artinya mudah untuk digunakan. Kamu, apa alasannya?

Mari kita praktekan

peringatan! apabila belum cukup berpengalaman menginstall system linux, sangat disarankan untuk melakukan back-up dahulu data-data yang penting sebelum melanjutkan. Kamu tahu kenapa? Ya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Bila proses penginstallan karena satu atau lain hal, berakhir gagal, setidaknya data-data penting tidak terpengaruh kegagalan tersebut.

Diasumsikan kita berada pada lingkungan linux. Alat-alat yang diperlukan adalah:

  • USB (universal serial bus) Flashdisk atau CD (compact disk) dan cdrom untuk mengakses cd apabila menggunakan cd.
  • Kunjungi situs ubuntu dan download file iso sistem operasi ubuntu. sesuaikan dengan keperluan.
  • Kunjungi situs unebootin dan download software yang diperlukan, atau gunakan program apt-get dan download aplikasi unebootin lewat terminal.
  • Sediakan waktu yang cukup, proses penginstallan akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
  • Sediakan penyimpanan external untuk menyimpan data-data penting, kemudian lakukan backup data yaitu data-data dari harddisk komputer ke penyimpanan external.
  • Pastikan komputer yang dipakai punya sendiri guys, kalau punya teman minta izin dulu, hah bercanda..?

Ok, mari kita mulai

  • Pertama download aplikasi unebootin. Aplikasi bisa didownload di situs unetbootin, guys baik untuk windows maupun linux. Akses halamannya di alamat situs https://unetbootin.github.io atau bisa langsung didownload dengan apt-get pada terminal dengan mengetikan perintah: 

sudo add-apt-repository ppa:gezakovacs/ppa

sudo apt-get update

apt-get install unetbootin
  • Apabila unetbootin sudah terinstall, berikutnya download file sistem operasi ubuntu di alamat situs: https://releases.ubuntu.com/18.04/ Silahkan mengikuti alamat situs untuk mendownload ISO Ubuntu.
  • Ketiga colokan usb, atau apabila menggunakan cd, masukkan cd ke cdrom yang telah disediakan. Pada demo kita akan menggunakan usb.
  • Keempat buka aplikasi unebootin dan lakukan penginstallan.
    dual-os

  • Kelima restart dan rubah disk boot ke usb.
  • Keenam boot ke usb dan ikuti instruksi yang muncul.
  • Ketujuh pilih disk yang akan diinstall os linux, ikuti instruksi dan tunggu sampai penginstallan selesai.
    dual-os

  • Kedelapan lakukan konfigurasi secukupnya.

Nah guys inilah sistem operasi linux. 

dual-os

Demikian artikel ini dan apabila kamu suka, silahkan dishare atau tinggalkan komentar dibawah apabila ada kendala atau sekedar menyanggah. 

Terima kasih dan berikut mari kita lihat video lengkap "Beralih ke OS Linux - Cara Installasi Ubuntu Linux (Dual Boot)."



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url