Mempertimbangkan Penginstallan Sistem Operasi Kedua Dalam Satu PC Yang Telah Terinstall Sistem Operasi Windows

dual-os
credit: unsplash.com 

Mengapa harus menginstal sistem operasi kedua, apakah satu Operating Sistem saja tidak cukup? Ataukah alasan lain, misalnya alasan keamanan? Apakah aplikasi yang digunakan dalam Sistem Operasi Windows terinfeksi virus dan apakah file-file sensitif didalam telah terexpose? Menurut catatan, Sistem Operasi Linux tidak memiliki yang namanya virus didalam aplikasi yang berjalan diatasnya, apakah itu yang menjadi alasan banyak orang beralih menggunakan Sistem Operasi ini? Bagaimana dengan kinerja! Memiliki Windows dan Linux dan terinstall bersama dalam satu PC memberi pengalaman dari kedua Sistem Operasi. Tapi itu tidak selalu menyenangkan, dual booting dapat menyebabkan masalah, beberapa di antaranya sulit untuk ditangani.

Kesalahan Penginstallan Yang Menyebabkan Sistem Operasi Lama Hilang

Pada saat pertama kali mengadakan dual OS dalam satu PC, proses pertama yang harus dilakukan adalah membagi harddisk PC yang ada. Proses ini bisa menggunakan software yang tersedia di internet, misalnya easus pertition manager apabila OS pertama yang terinstall adalah Windows, atau Gparted apabila OS pertama yang terinstall adalah salah satu distribusi Linux. Untuk proses pembagian apabila berjalan lancar, mudah-mudahan data yang ada pada Sistem Operasi pertama tidak hilang. Kesalahan pembagian harddisk ini bisa sangat fatal yang bisa saja kehilangan data-data penting sehingga diperlukan seperti misalnya harddisk external untuk membackup data-data yang ada agar tidak hilang. Jangan mengambil resiko dengan memindahkan data ke partisi extended misalnya Partisi D: pada Sistem Operasi Windows sebagai penampung data-data penting kemudian membagi partisi C: dimana Sistem Operasi Windows Berada untuk Penginstallan Sistem Operasi distribusi Linux.

Mempertimbangkan Sistem Operasi Apa Sebagai Sistem Operasi Kedua 

Misalnya Sistem Operasi yang pertama terinstall adalah Windows 7, kemudian untuk memulai hobi Sistem Operasi yang kedua diinstall adalah Ubuntu 22.04. Sebagai Sistem Operasi yang terkemuka dalam industri teknologi, Ubuntu adalah pilihan yang tidak salah untuk menjadikan PC dual OS, demi kenyamanan pastikan sebelum Penginstallan untuk mengecek terlebih dahulu requirement yang ditetapkan tercantum dalam situs resmi Ubuntu. Sampai dengan artikel ini diterbitkan, 10 hari berikut Ubuntu versi terbaru yaitu 22.04 akan rilis ke publik pada tanggal 21 April 2022 adalah Sistem Operasi terbaru dengan fitur yang pasti lebih mengiurkan dari pendahulunya. Situs resmi Ubuntu juga menyediakan file Sistem Operasi lama sehingga apabila ingin menggunakannya tinggal download saja dan pastikan menggunakan checksum sebagai integrasi file yang telah didownload. Apabila Sistem Operasi pertama adalah misalnya Sistem Operasi Ubuntu, sedangan Sistem Operasi kedua ingin menginstall Varian Windows. Apakah benar Sistem Operasi Windows rentan terhadap virus? Namun apabila menginginkan Sistem Operasi yang stabil untuk keperluan setiap hari maka pilihan kamu terhadap Windows adalah tepat. Kesalahan penginstallan bisa mengakibatkan Sistem Operasi Ubuntu hilang, misalnya grub yang hilang dari boot menu. Namun hal ini bisa diatasi dengan menginstall ulang grub. Silahkan tinjau kembali artikel terdahulu untuk mengatasi masalah ini.

Apabila harddisk dengan status file readonly pada saat dibuka di Sistem Operasi Ubuntu

Hal ini sering terjadi dalam PC dengan model dual booting. Menggunakan Sistem Operasi Windows kemudian shutdown dengan tidak sempurna menyebabkan file-file dan folder apabila dibuka pada Sistem Operasi Ubuntu berstatus readonly dan tidak bisa dimodifikasi. Sedangkan folder tidak bisa dibuat file untuk disimpan dalam harddisk. Pada Sistem Operasi Windows 10 hal ini dapat diatasi dengan mematikan fitur fast startup pada menu system setting, sehingga apabila ingin beralih menggunakan Sistem Operasi Ubuntu, sistem bisa membuat dan menyimpan file dengan status read/write.

Sekarang bagaimana dengan kamu? Apakah Sistem Operasi utama yang kamu gunakan adalah Windows? Ingin menjelajahi fitur yang ditawarkan oleh Sistem Operasi Linux? Silahkan tinjau artikel-artikel terdahulu untuk mengetahui cara menginstall Linux pada PC yang telah terinstall Sistem Operasi Windows (dual boot).

Apabila ada kendala atau pertanyaan, tanggapan silahkan meninggalkan komentar dibawah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url