5 Aplikasi terbaik Linux untuk Proyek Multimedia

linux

Selamat datang, artikel kali ini kita akan membahas beberapa software terbaik yang dapat kamu gunakan dalam Sistem Operasi Linux. Setiap tahun Linux berkembang pesat dengan dukungan software yang perkembangannya beriringan dan sesuai dengan kebutuhan para user didunia. Diindonesia terdapat Sistem Operasi turunan Linux yang dikembangkan oleh para antusias demi memenuhi tuntutan jaman akan teknologi diIndonesia tercinta.  Sebut saja Blank-On, adalah Sistem Operasi yang berbasis pada Debian, didukung oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) sejak tahun 2004.  

Apabila kamu antusias mengenai fotography atau sekedar senang dengan gambar-gambar digital. Atau kamu lebih antusias dengan video dan perfilman, Sistem Operasi Distribusi Linux memiliki aplikasi canggih untuk memenuhi hasrat para antusias dalam berkarya. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan dan tampilannya yang user friendly sehingga semua kalangan tersebut bisa memanfaatkannya menyelesaikan pekerjaan ataupun hobi. 

1. Lightworks (LWKS)

Lightworks sudah ada dan dikembangkan sejak tahun 1989, berarti sudah 33 tahun. Software ini bahkan telah memenangkan penghargaan Emmy sebagai editor digital. Lightworks bahkan digunakan untuk membuat film-film Hollywood seperti pulp fiction (1994), Romeo and Juliet (1996), dan The Wolf Of The Wall Street (2013). Lightworks dapat didownload pada situs resminya, dan tersedia untuk berbagai platform seperti Windows, Linux, dan Mac.

2. VLC Video Lan

VLC adalah software pemutar beragam file multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain-lain. VLC juga dapat digunakan untuk memutar  CD, VCD, dan DVD. VLC Media Player bersifat sumber terbuka dan tersedia untuk berbagai platform seperti Windows, Distribusi Linux, dan  Mac. Software VLC bahkan ada di Android dan iPhone silahkan download di play store dan app store untuk menggunakan software ini.

3. Natron

Natron adalah perangkat lunak gratis dan sumber terbuka yang memungkinkan kita membuat komposisi digital, aplikasi ini dipengaruhi oleh perangkat lunak komposisi digital yang berbeda seperti SoftEddie, Avid Media Illusion, Apple Shake, Blackmagic Fusion, Autodesk Flame, dan Nuke, yang darinya ia mendapatkan antarmuka pengguna dan banyak konsepnya. Natron tersedia untuk berbagai platlform seperti Windows, Linux, dan Mac.

4. Blender

Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan permainan video.

5. Gimp

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP adalah aplikasi sumber terbuka untuk mengolah grafis Bitmap. GIMP dapat dimanfaatkan untuk membuat grafik dan logo, mengubah resolusi dan memotong foto, mengubah warna, menggabungkan berbagai macam gambar atau mengkonversi berbagai macam jenis berkas gambar.

Software-software ini sangat powerful bagi user dalam menyelesaikan pekerjaan atau sekedar  mengembangkan hobi akan teknologi. Silahkan dipraktekkan dan apabila ada kendala pertanyaan, atau tanggapan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url