Mengembalikan File Terhapus Di Android Dan iOS

smartphone


Smartphone semakin berkembang dengan berjalannya waktu. Dua sistem operasi yang terkenal diIndonesia yaitu Android dan iOS dipakai berbagai kalangan untuk menyelesaikan pekerjaan setiap hari. Pekerjaan semakin mudah karena data-data bisa dibawah kemana-mana, dan bahkan data -data pekerjaan bisa dilakukan menggunakan smartphone. Ataukah file multimedia, seperti foto dan video dalam smartphone semakin mudah dilakukan dengan adanya kamera terintegrasi dalam telepon genggam. 

Mengembalikan file yang terhapus di Android 
Apabila file yang terhapus ada di micro SD, kamu tinggal mengambil micro SD di smartphone kemudian mencoloknya ke Drive micro SD yang telah tersedia di komputer. Selanjutnya kamu bisa menggunakan software dari Windows untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut. Silahkan lihat artikel terdahulu untuk menggunakan software dalam rangka 'mengembalikan file yang terhapus'. Namun apabila file yang terhapus adalah file yang berada di harddisk smartphone kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi android yang tersedia di Google play. Yaitu aplikasi "File Recovery - Recover Deleted File"
Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka google play dan download aplikasi File Recovery - Recover Deleted File
  2. Buka aplikasi File Recovery - Recover Deleted File" yang sudah terinstall
  3. Pilih pada menu, jenis apa file yang telah terhapus tersebut. Misalnya file video, foto, rekaman suara, atau dokumen.
  4. Klik tombol pencairan.
  5. Silahkan ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengembalikan file yang terhapus.
Mengembalikan File Terhapus Di iPhone, atau iPad
Cara menghapus data yang terhapus di iPhone dan iPad hampir sama dengan cara mengembalikan file yang terhapus pada Android. Berikut penjelasannya.
Mengembalikan File di Menu Recently Deleted
  1. Buka aplikasi galeri
  2. Gulir sampai kebawah untuk mencari icon bergambar tempat sampah. Klik icon ini untuk melihat daftar file yang terhapus sebelumnya.
  3. Pilih file yang akan dikembalikan, misalnya file foto atau video.
  4. Klik tombol restore untuk mengembalikan file. 
Perlu diperhatikan file yang dikembalikan akan kembali ke folder dimana file terhapus. Jadi, kamu perlu mengetahui sebelumnya dimana file berada sebelum dihapus.

Mengembalikan File Terhapus Dengan Mengggunakan Fasilitas iCloud
  1. Buka situs https://www.icloud.com
  2. Login dengan memasukkan Apple Id dan password.
  3. Buka menu Account setting.
  4. Gulir kebawah dan temukan menu advanced. Klik untuk masuk kemenu ini.
  5. Pilih menu restore file, dan disini akan ditampilkan file-file yang sebelumnya terhapus.
  6. Pilih file yang ingin dikembalikan kemudian klik tombol "Done".
  7. Proses ini akan mengembalikan file yang sebelumnya terhapus langsung ke perangkat kamu. Silahkan lakukan pengecekan untuk mengetahui keberadaan file.
Kesimpulan
Menyimpan file foto dan multimedia dalam smartphone akan mengorganisir file dengan rapi. Namun apabila ingin kapasitas yang lebih besar, bisa menggunakan fasilitas kabel USB atau lainnya sehingga file tidak perlu dihapus dari smartphone kamu. Apalagi ternyata file-file tersebut ternya masih termasuk file penting atau bernilai nostalgic.
Demikian artikel kali ini dan apabila kamu ada kendala sanggahan atau pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url