Mengembalikan File Yang Terhapus Secara Permanen Di OS Windows

Artikel kali ini akan membahas cara mengembalikan file yang terhapus baik itu tidak disengaja atau terhapus dan terpikir tiba-tiba bahwa mengapusnya adalah suatu kesalahan atau kasus yang paling berat terjadi adalah apabila melakukan penghapusan dengan menekan tombol SHIFT +DELETE. Menghapus dengan menekan tombol SHIFT+DELETE akan menghapus permanen file yang ada, artinya file tidak akan dipindahkan ke Recycle Bin melainkan akan langsung hilang dari harddisk. Untuk mengatasi ini, berikut cara untuk mengembalikan file terhapus baik itu diharddisk atau diflashdisk.

file-terhapus

Mengembalikan file yang terhapus pada harddisk
Untuk file yang terhapus secara sederhana dengan hanya menekan tombol DELETE, maka kamu bisa mengembalikan file tersebut dengan mudah melalui folder "Recycle Bin". Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengalihkan file yang terhapus.
1. Buka Explorer.
2. Masuk ke folder Recycle Bin.
3. Klik kanan dan klik menu restore.
4. Silahkan cek kembali file di folder sebelumnya file tersebut terhapus.
Apabila file dihapus dengan menggunakan metode menekan tombol SHIFT+DELETE, maka kamu memerlukan program untuk mengembalikannya. Untuk mengatasi hal ini kamu memerlukan program bernama DataRecovery, yang versi paling baru adalah 2.4.7. Program ini bisa didownload di situs resmi atau silahkan download disitus softpedia adalah salah satu penyedia software terbesar dijagad internet. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:
1. Pastikan program telah didownload pada situs resmi
2. Lakukan installasi, dan ikuti proses installasi sampai dengan selesai.
3. Buka program dan akan muncul tampilan program. Apabila program meminta akses administrator, maka tekan yes untuk menyetujinya.
4. Pilih Drive dimana file yang tidak sengaja terhapus, misalnya di Drive D: kemudian klik tombol scan untuk melakukan scan pada disk terpilih untuk mencari file-file yang terhapus.
5. Apabila telah selesai, cari nama file yang terhapus tersebut pada daftar yang ada. Untuk memudahkan perhatikan tanggal file terhapus kemudian lihat nama file pada kolom nama file untuk melihat file yang dimaksud.
6. Centang nama file kemudian tekan tombol "recover". Program akan meminta lokasi dimana file akan ditempatkan. Silahkan dipilih, misalnya di folder C:\recover. Peringatan, jangan memilih drive atau folder dimana drive tersebut di scan. Pada contoh diatas kita misalkan drive D:\, maka jangan memilih folder pada drive D:\ karena sementara digunakan oleh program untuk merecover file.
7. File yang dikembalikan akan otomatis berada pada folder "recover" pada dirive C:\

Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk
Flashdisk memungkinkan kamu membawa file-file seperti foto, video, musik dan dokumen kerja untuk dibawa kemana-mana yang membuat hidup semakin mudah. Adakalanya secara tidak sengaja file-file tersebut terhapus dengan tidak sengaja. Namu kamu tidak perlu panik akan hal ini, Berikut cara mengembalikan file-file yang terhapus dengan mudah dan sederhana.
1. Colokan flashdisk dikomputer
2. Buka aplikasi DataRecovery.
3. Pada menu "Drive", pilih huruf Drive Flashdisk yang telah dicolokan, misalnya: M:\
4. Tekan tombol "scan" dan tunggu sampai proses scan selesai.
5. Pilih file yang terhapus dann klik tombol restore.
6. Silahkan cek kembali file pada folder yang terhapus sebelumnya.

 
Kesimpulan
Demikian artikel kali ini, kamu perlu hati-hati dalam mengelola file yang ada dikomputer kamu, menghapus dengan metode SHIFT+DELETE akan menghemat waktu untuk mengosongkan harddisk dari data yang tidak diperlukan namun beresiko apabila file yang dihapus adalah file penting. Biasakan saja menggunakan fasilitas Recycle Bin. Apabila ada kedala atau pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terimakasih atas perhatiannya, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url