Fitur-Fitur Pada Sistem Operasi Linux Dan Fitur Pada Ubuntu Linux

Linux adalah Sistem Operasi kode sumber terbuka. Sebuah sistem operasi adalah sebuah software yang mengelola secara langsung sebuah hardware sistem dan sumber dayanya seperti CPU, Penyimpanan, dan Memory. Sistem operasi ini berada diantara aplikasi dan hardware, dan menciptakan koneksi antara seluruh software dan sumberdaya fisik tadi dalam melakukan pekerjaannya masing-masing.

ubuntu-linux
Picture: unsplash.com

Selanjutnya untuk fitur, berikut beberapa fitur yang ada pada sistem operasi Linux.

* Portable, pengertian portable disini adalah software bisa digunakan pada segala type hardware dengan cara yang sama Linux dan program-program didalamnya menyokong penginstallan untuk berbagai jenis platform hardware.

* Multi user, artinya Linux mendukung banyak user untuk mengakses sumberdaya seperti memori, ram, dan aplikasi serentak pada satu waktu yang sama.

* Multi programing, artinya Linux dapat menjalankan banyak aplikasi pada satu waktu yang sama.

* Open source, artinya kode sumber Linux dpat secara gratis tersedia bagi komunitas Linux berdasarkan pengembangannya. Berbagai kalangan berkolaborasi untuk membuat Linux semakin berkembang dan Linux secara terus-menerus berkembang dari masa kemasa.

* Shell, Linux menyediakan penerjemah program yang dapat digunakan untuk mengeksekusi perintah pada sistem operasi. Program ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai variasi operasi, memanggil program dan lain-lain.

* Keamanan, Linux menyediakan bagi pengguna keamanan dengan menggunakan fitur autentikasi seperti pelindung password, enkripsi data, dan lain-lain.

* File sistem yang tersusun rapi, Linux menyediakan struktur file yang standar dimana tersusun rapi untuk masing-masing sistem dan pengguna.


Fitur lainnya yang terdapat pada Linux diantaranya:

* Live CD/USB, sebagian besar dari distribusi Linux mempunyai fitur Live CD/USB yang dimana Linux bisa digunakan tanpa melakukan installasi pada sistem.

* Mendukung keyboard lokal dan kostumasi dimana Linux sudah dipakai diseluruh dunia sehingga tersedia berbagai bahasa dan mendukung kostumasi untuk keyboard.

* Dukungan aplikasi, Linux mempunyai penyimpanan tersendiri dimana pengguna bisa mengunduh dan menginstall beribu aplikasi hanya dengan beberapa perintah di terminal atau Shell. Linux juga mendukung aplikasi Windows apabila diperlukan.

* Tampilan grafik bagi pengguna, pada umumnya orang-orang mengira Linux adalah sistem operasi berbasis text. Memang benar namun Linux juga memiliki paket yang bisa diinstall pada sistem sehingga membuat sistem operasi menjadi grafik seperti Windows.

Penjelasan ini adalah Linux secara umum. Berikutnya mari kita lihat fitur salah satu distribusi Linux yaitu Ubuntu.

Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali. Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug). Setiap 2 tahun sekali akan mendapatkan Long Term Support(LTS) selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server. Namun Ubuntu 12.04 yang akan dirilis April 2012 akan mendapatkan pembaruan sistem selama 5 tahun. Perpanjangan dukungan ini bertujuan untuk mengakomodasi bisnis dan pengguna IT yang bekerja pada siklus panjang dan pertimbangan biaya yang mahal untuk memperbarui sistem.

Fitur-fitur yang terdapat pada Ubuntu antara lain:

* Aplikasi Office Ubuntu sangat kompatibel dengan Microsoft Office pada Windows. Itu berarti Anda dapat membuka dan mengedit file seperti dokumen Word, Excel spreadsheet dan presentasi PowerPoint di alam Ubuntu dan membaginya dengan pengguna lainnya dengan cepat dan mudah.

* Web browsing Ubuntu memiliki segala yang dibutuhkan untuk menelusuri web dengan cepat dan aman. Mozilla Firefox datang sebagai standar dan Anda dapat memilih browser alternatif seperti Google Chrome dari Pusat Ubuntu Software.

* Sosial dan email Ubuntu dikemas dengan aplikasi untuk komunikasi cepat dan mudah. Dan dengan Thunderbird, Anda dapat mengakses email Anda, buku alamat dan kalender.

* Musik dan permainan(game), membuat dan mengedit MP3, streaming musik ke PC atau ponsel. Ubuntu punya semua yang anda butuhkan untuk mendengarkan musik.

* Foto dan video Ubuntu adalah penuh dengan aplikasi gratis untuk membantu Anda mengelola, mengedit dan berbagi foto dan video Anda dengan dunia, apa pun gadget yang Anda gunakan, dengan dukungan fantastis untuk kamera dan telepon, Anda tidak perlu driver tambahan.

* Ubuntu Software Centre Ubuntu Software Centre memberikan Anda akses cepat ke ribuan aplikasi gratis dan open source. Dan sekarang Anda dapat membeli aplikasi dari beberapa penyedia terkemuka juga. Semua perangkat lunak kami adalah mudah untuk menemukan dan menginstal sehingga Anda dapat memiliki desktop sesuai dengan yang anda inginkan dalam waktu singkat.

* Ubuntu Satu Ubuntu One adalah awan pribadi yang membawa kehidupan digital Anda bersama-sama. Sekarang Anda dapat sinkronisasi file Anda di semua Ubuntu Anda atau komputer Windows; mengakses kontak Anda atau catatan dari mana saja; atau aliran seluruh koleksi musik Anda ke ponsel Anda. Ubuntu Satu membantu Anda melakukan itu semua.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat kedepannya. Apabila ada pertanyaan maupun tanggapan, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url