Cara Bersihkan Cache Di HP Android (ini akan menjadikan HP lemot jadi ngebut)


Smartphone yang kamu pakai lemot? Ini ada cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya, yaitu dengan membersihkan cache secara berkala. Mengapa?

Cache adalah file yang disimpan oleh aplikasi, misalnya aplikasi chrome. Pada saat kamu melakukan koneksi ke suatu website, chrome akan menyimpan file web ke dalam penyimpanan smartphone kamu. Sehingga apabila kamu melakukan koneksi yang kedua kali ke website yang sama, maka chrome tidak lagi mengambil file web tadi, melainkan menggunakan file web yang telah tersimpan dalam smartphone, hal ini akan mengakibatkan website yang dibuka akan lebih cepat dan lebih menghemat kuota internet kamu.

cache-hp-android
Pic by: unsplash.com

Selanjutnya, apabila cache ini sudah terlalu banyak maka otomatis akan memakai banyak penyimpanan, sehingga akan memperlambat kinerja smartphone. Menghapus cache juga akan menampilkan data yang kurang akurat karena data yang ditampilkan cache mungkin saja sudah berubah. Maka untuk inilah cache yang dibersihkan artinya data yang nanti ditampilkan adalah data baru yang tidak kadaluarsa.

Menghapus cache pada dasarnya tidak akan mempengaruhi data lain seperti data login file download yang kamu simpan di smartphone. Kamu juga dianjurkan untuk menghapus data cache secara berkala, bisa seminggu sekali atau satu bulan sekali, agar handphone kamu tetap berada dalam kondisi prima.

Bagaimana cara menghapus file cache untuk meningkatkan kinerja smartphone? Berikut caranya:

Versi android yang dipakai sekarang ini adalah android 11, namun pada dasarnya semua smartphone android bisa menerapkan cara ini.

1. Buka pengaturan, manejemen aplikasi, daftar aplikasi.

2. Pilih aplikasi, misalnya chrome, maka akan muncul menu informasi. Pada menu ini akan terlihat menu penggunaan penyimpanan.

3. Buka menu penggunaan penyimpanan, dan terkhir,

4. Pilih menu hapus cache untuk menghapus cache aplikasi chrome yang dipilih tadi.

Cara ini juga bisa diterapkan terhadap aplikasi lain sehingga memungkinkan Smartphone kita menghapus file-file yang kadaluarsa atau tidak diperlukan lagi.

Cara menghapus cache untuk aplikasi chrome

Penjelasan diatas adalah cara menghapus cache untuk aplikasi chrome di pengaturan smartphone android. Dan penerapannya juga bisa dilakukan untuk aplikasi lain, karena aplikasi-aplikasi tersebut juga menggunakan proses cache untuk pengaturannya masing-masing dalam penggunaan smartphone.

Disini akan dibahas langkah-langkah untuk menghapus cache aplikasi chrome langsung didalam aplikasi. Aplikasi chrome mempunyai menu untuk menghapus cache yang digunakan chrome dalam proses kita menampilkan data website di internet. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi chrome dan lihat tiga titik berdiri yang terletak disisi kanan atas layar smartphone.

2. Buka menu setelan.

3. Buka menu privasi dan keamanan.

4. Buka menu hapus data penjelajahan.

Terdapat beberapa pilihan yang ditampilkan. Kamu bisa mencentang semuanya atau memilih hanya cache saja yang dihapus.

5. Centang menu gambar dan file cache.

6. Selanjutnya klik tombol hapus yang terletak dikanan bawah, untuk menghapus cache.

Sebagai tambahan, menu history penjelajahan akan menghapus data-data situs yang pernah dikunjungi.

Menu cookie dan data situs akan menghapus kredensial apabila kita login ke website yang memerlukan kredensial untuk mengakses menu utama website, misalnya Gmail dialamat situs mail.google.com.

Kesimpulan

Data cache yang ada tidak selamanya menampilkan data yang salah atau kadaluarsa. Hal ini karena teknologi yang digunakan oleh aplikasi tentunya sudah canggih yang oleh programmer sudah dikembangkan sedemikian rupa. Kemudian, membersihkan cache pada aplikasi chrome untuk menampilkan website, akan mengambil data lagi di internet sehingga proses akan lebih lama daripada pada saat aplikasi menggunakan data cache untuk metampilkan data.

Demikian pembahasan kali ini, dan apabila ada pertanyaan maupun sanggahan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url