Beberapa Trik-trik Rahasia Windows 10 Sehingga Semakin Terlihat Profesional

Bagi pengguna Windows 10 dapat merasakan betapa besarnya perubahan yang ada pada penggunaanya dibandingkan dengan versi-versi Windows terdahulu. Meskipun Windows 11 telah dirilis bulan Oktober 2021 kemarin, namun memanfaatkan fasilitas penggunaan yang ada pada Sistem Operasi ini (Windows 10) belum lengkap rasanya apabila tidak mengetahui apa saja yang ada didalamnya, terlebih bagi mereka yang belum beralih ke Windows 11 sebelum merasakan fasilitas lebih lagi yang ditawarkannya (Windows 11).

Mari kita bahas beberapa trik-trik rahasia windows 10 dalam penggunaannya sehari-hari. Ini (penggunaan trik-trik Windows 10) akan menjadikan kamu terlihat lebih profesional dalam mengelola pekerjaan dikeseharian kamu. Mari kita lihat.

windows-10
Image Credit: unsplash.com


1. Trik rahasia Windows 10: Cara membuka aplikasi di Taskbar dengan cepat menggunakan Shortcut Keyboard
Program atau aplikasi yang ada dalam windows 10 dapat disematkan pada taskbar secara manual, namun dalam bawaannya, windows 10 sudah menyematkan beberapa aplikasi  pada taskbar dengan tujuan memudahkan user dalam mengakses program atau aplikasi. Akses aplikasi dapat dilakukan dengan menekan atau mengklik mouse. Nah, disini terdapat trik yang lebih mudah lagi untuk mengakses program-program pada taskbar ini, yaitu dengan menekan tombol Windows pada Keyboard ditambah tombol angka. Misalnya program Explorer, terletak di urutan kedua dari tombol start, maka untuk mengakses kamu bisa menekan tombol Windows ditambah angka 2.

2. Trik rahasia Windows 10: Berapa ruang memori harddisk yang digunakan windows, dan berapa sisanya?
Untuk mengetahui berapa banyak kapasitas yang digunakan komputer pada hardisk, kamu dapat menelusuri Start- Settings- System- Storage. Disitu akan ditampilkan preview jumlah kapasitas hardisk yang terpakai dan berapa jumlah kapasitas Harddisk yang belum terpakai.
Untuk melihat lebih detil, kamu dapat mengklik salah satu drive dan selanjutnya akan ditampilkan informasi berupa jumlah kapasitas yang dipakai sistem, aplikasi, dokumen, dan lain sebagainya.
Apabila kamu melakukan kilk pada menu apps & games, maka akan ditampilkan daftar aplikasi dan game yang terinstal dalam komputer. Hal ini berguna agar aplikasi atau game mana yang tidak diperlukan dan memakan tempat, dapat disingkirkan dengan cara menguninstalnya.

3. Trik rahasia Windows 10: Mematikan aplikasi latar belakang ( background apps )
Sumber daya pada komputer telah ditetapkan sesuai spesifikasinya masing-masing. Terlalu banyak membuka aplikasi akan memakan banyak sumber daya yang ada. Ada aplikasi yang berjalan didepan berinteraksi dengan user, ada pula aplikasi yang berjalan dibelakang dan tidak terlihat kecuali kamu menggunakan aplikasi yang dapat memperlihatkan kegiatan tersebut. nah, coba akses Settings - Privacy - Background App. Disitu akan terlihat daftar aplikasi yang sedang berjalan dibelakang menggunakan sumber daya yang ada dikomputer dalam kegiatannya masing-masing.
Untuk menonaktifkannya, kamu hanya perlu meng-klik switch on menjadi off.

4. Trik rahasia windows 10: Membuka menu Start rahasia
untuk mengakses menu start rahasia ini kamu perlu menekan tombol Windows ditambah tombol X (Windows+X), disitu terdapat menu-menu sistem, pengaturan, dan menu Shutdown, Restart, dan Logoff untuk kegiatannya masing-masing. Kamu juga bisa menggunakan trik lainnya, yaitu mengklik kanan tombol Start yang umumnya terletak pada sebelah kiri bawah layar komputer, maka akan muncul menu rahasia tersebut.

5. Trik rahasia windows 10: Meminimalkan semua windows kecuali yang aktif
Untuk trik ini kamu perlu menggunakan mouse. tekan title bar sebuah Windows yang ingin kamu aktifkan didepan, kemudian goyangkan mouse keatas dan kebawah. Maka secara otomatis Windows-windows yang aktif dibelakangnya akan terminimize.

6. Trik rahasia windows 10: Mengambil screenshot dengan cepat
Apabila keyboard kamu mempunyai fitur "print screen" maka dengan cepat kamu bisa menggunakan tombol tersebut untuk menangkap layar secara penuh apa yang ditampilkan. Kemudian untuk menyalin gambar ini, kamu bisa menggunakan fasilitas seperti Mspaint. buka program Mspaint dengan menekan tombol Start+R kemudian ketik mspaint. setelah aplikasi terbuka gunakan tombol paste untuk menyalin gambar yang tersimpan dalam clipboard. Setelah itu gunakan tombol Kontrol ditambah tombol S (CTRL+S) untuk menyimpan gambar, disini kamu bisa memilih format yang ada seperti jpg, bmp, png, dan lain sebagainya.
Kemudian ada cara lain untuk melakukan screenshot dan lebih cepat lagi menyimpan file screenshot menjadi format png, yaitu tekan tombol Windows ditambah Print Screen, maka otomatis akan terbentuk file png di folder C:\user\[nama user]\pictures\screenshots dengan nama screenshot.png

Demikian artikel ini dan apabila kamu ada tanggapan, sanggahan, dan pendapat silahkan tinggalkan pesan komentar dibawah. Sampai jumpa pada artikel berikutnya, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url