Manejemen User Pada Sistem Operasi Linux

Hai guys, selamat datang diblog ini dan kesempatan kali ini kita akan membahas manejemen user pada Sistem Operasi Linux.
Sebagai sistem operasi yang multi-user linux dapat digunakan oleh beberapa orang pada satu sistem operasi yang sama, dan bagi kamu sebagai admin patutlah mengetahui cara ini sebagai pertanggung jawaban untuk mengatur setiap user yang ada pada sistem operasi. Berikut penjelasan tentang pengaturan user pada sistem operasi ini.

manajemen-user-di-linux




untuk menambah user ketikan perintah sebagai berikut:

user add [namauser]

* ganti [namauser] sesuai dengan keperluan tanpa tanda []

untuk melihat user yang baru kita buat tadi ketikan perintah sebagai berikut:

cat /etc/passwd

daftar user akan muncul dan user yang baru kita buat tadi akan berada pada urutan bawah. Setip user akan terbentuk id untuk masing-masing user yang dibuat dengan urutan mulai dari 1001 dan seterusnya.

untuk menghapus user ketikan perintah sebagai berikut:

user del [namauser]

untuk membuat grup ketik perintah sebagai berikut:

groupadd [namagrup]

contoh

groupadd grup1

untuk menambah user pada suatu grup ketik perintah sebagai berikut:

usermod -G [namagrup_ke2] [namauser]

Pada proses pembuatan user menggunakan perintah useradd secara otomatis akan terbentu grup baru dengan nama yang sama. Misalnya user yang dibuat adalah 'namauser' maka secara otomatis pula grup baru akan terbentuk dengan nama 'namauser.'

Demikian artikel kali ini dan apabila kamu punya pertanyaan maupun tanggapan silahkan tinggalkan komentar dikolom komentar. Jangan lupa telusuri artikel lain sembari menambah refrensi kamu. Terimakasih.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url