Bagaimana Cara Memperbaiki Grub2 Pada Sistem Operasi Ubuntu Yang Tidak Boot Ke Sistem Operasi Dikarenakan Bootloader Error

bootloader-error

Selamat datang, untuk artikel kali ini kita akan membahas sistem Operasi Ubuntu 18.04  yang tidak boot kesistem operasi karenakan bootloader grub2 yang error. Cara ini juga bisa diterapkan untuk sistem operasi lain yang tentunya masih distribusi linux. Beberapa sebab dari gagalnya boot kesistem operasi, seperti misalnya kesalahan penginstallan modul baru yang tidak sempurna, atau bootloader yang tertimpa karena proses dual os pada satu komputer.

Sedikit Sejarah Mengenai Grub

Versi pertama grub pada awalnya ditulis oleh Erich Boleyn. Pada waktu itu dikembangkan dan sebagai software gratis sebagai metode untuk memuat sistem operasi GNU atau GNU's Not Unix adalah sistem operasi yang mirip dengan Unix. Grub resmi menjadi bagian paket dari Proyek GNU pada tahun 1999.

Pada tahun 2002, dimulai pengerjaan untuk Grub2. Pada awalnya nama untuk Grub2 adalah PUPA. Grub2 seluruhnya didisain mulai dari awal untuk menangani perangkat yang lebih modern. Sejak masa itu, Grub2 telah menjadi bootloader utama untuk sebagian besar distribusi Linux.

Tanda error pada bootloader adalah ketika muncul tulisan grub resque pada layar, seperti cuplikan berikut ini:

Disini terlihat grub terhenti dan tidak boot ke sistem operasi. mari kita lihat cara perbaikannya.

- Pertama

Pasang USB dan boot ke portable sistem operasi ini, kamu dapat melihat cara permbuatan startup os linux dalam hal ini ubuntu pada video terdahulu maupun yang akan datang.

- Kedua 

Apabila terpasang beberapa harddisk dalam satu sistem operasi, kita harus melihat dipartisi mana sistem operasi ubuntu terinstall.

Untuk melihat daftar hardisk dan partisi yang terinstal, Panggil program terminal dan ketikan perintah sebagai berikut:

sudo fdisk -l



Pada gambar diatas terlihat /dev/ada menangani sistem operasi Linux, dalam hal ini /dev/sda adalah hardisk yang dipakai installasi Ubuntu atau ketik "df" dan lihat daftar yang ditampilkan, yang mana terlihat menangani "/" adalah partisi dimana Linux terinstall.

Untuk memperbaiki ketik perintah sebagai berikut:

sudo grub-install /dev/sda

Kemudian ketik perintah berikut, untuk mengupdate sistem operasi menggunakan script hasil perintah dari yang kita ketik tadi.

sudo update-grub

- Terakhir 

Restart Ubuntu untuk melihat hasil. Seperti yang kamu lihat ubuntu bisa boot ke sistem operasi yang terinstall dalam harddisk internal yang error tadi.

Demikian dan apabila kamu suka artikel ini atau mempunyai kendala silahkan tinggalkan komentar dibawah. Selanjutnya mari kita lihat video pembahasan "Cara Memperbaiki Grub2 Pada Ubuntu Yang Tidak Boot Ke Sistem Operasi Ubuntu Dikarenakan Bootloader Error."

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url