Instal SSH Server Di Ubuntu, Dan Koneksi Client (Termux) di Android Smartphone

Secure Shell (SSH) adalah protokol jaringan kriptograpi untuk menjalankan layanan koneksi jaringan dengan aman diatas jaringan yang tidak aman. Secara umum koneksi ini melibatkan aplikasi dengan kemampuan remote command-line, login, dan remote command execution, dimana pastilah semua layanan jaringan bisa aman apabila menggunakan SSH. Secara mudah SSH adalah sebuah protokol yang membantu dua komputer untuk berkomunikasi. SSH digunakan untuk login ke komputer remot dan mengeksekusi perintah, transfer file, dan menjalankan banyak perintah lainnya. SSH server yang akan kita bahas adalah program OpenSSH, program ini gratis dan open source dimana program ini menyediakan komunikasi terenkripsi yang aman antara dua host pada jaringan tidak aman seperti internet. Ubuntu desktop dan minimal Ubuntu server tidak menyertakan program ini dalam paketnya, namun kamu bisa dengan mudah menginstal SSH server di Ubuntu dengan beberapa langkah saja.

Ssh-ubuntu
unsplash


Pertama, mari kita lihat penginstalan server ssh di Ubuntu 

Untuk proses instalasi diOS Ubuntu, buka terminal dan ketikan perintah sebagai berikut:

sudo apt-get install openssh-server

Kemudian untuk mengaktifkannya ketik perintah:

sudo systemctl start ssh

Kamu dapat mencoba server ini pada localhost dengan mengetikan perintah:

ssh "username"@localhost

misalnya,

ssh root@localhost

Ketikan password root, dan sesi untuk koneksi ssh menggunakan username root pada localhost akan dimulai.

Ketik exit, untuk keluar dari program ini.

Kedua, instal Termux di android

Buka google play dan cari nama aplikasi Termux pada pencarian. Tekan install untuk proses instalasi dan tunggu sampai garis bar sampai 100%. 

Ketiga, instal ssh client di Termux

Buka aplikasi Termux dan ketikan perintah sebagai berikut:

pkg update

pkg install openssh

ssh -h ;untuk melihat bantuan program ssh ini

Keempat, koneksi ssh client android ke server Ubuntu

Pada langkah pertama kita sudah melakukan start server aplikasi openssh. Selanjutnya untuk koneksi dari smartphone android ke komputer, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pastikan aplikasi-aplikasi sudah terinstal pada masing perangkat komputer maupun smartphone.
  • Lakukan koneksi antara dua perangkat (komputer dan smartphone). Umtuk langkah ini bisa menggunakan fasilitas hotspot wifi.
  • Perhatikan alamat IP address komputer Ubuntu, sebab disini dia bertindak sebagai server. Untuk mengetahui alamat IP address ketikan perintah pada terminal:
ifconfig

  • Lakukan koneksi dari smartphone dengan mengetikkan perintah sebagai berikut:

ssh "username"@"up address"

contoh,

ssh root@192.168.1.10

Akan muncul keterangan untuk memasukkan password root. Ini adalah password root yang ada pada server Ubuntu. Untuk melanjutkan silahkan ketik password dan tekan enter untuk ke proses selanjutnya.

Untuk melihat berhasil atau tidak, kita bisa mengeceknya dengan melihat IP address yang ada. Ketikan perintah pada Termux:

ifconfig

Apabila alamat IP address yang muncul adalah alamat IP address server Ubuntu berarti proses telah berhasil dilakukan.

Selanjutnya koneksi ssh secara default memakai port 22 dalam prosesnya melakukan koneksi diserver. Penjelasan diatas OS yang kita pakai adalah Ubuntu Linux, sehingga port yang digunakan oleh Ubuntu adalah port 22. Konfigurasi bisa menggunakan port lain selain port 22 ini, sehingga apabila perintah diatas digunakan, baris perintah ditambahkan menjadi:

ssh "username"@"up address" -p"port"

contoh,

ssh root@192.168.1.10 -p8022

Kesimpulan

Penjelasan diatas menjabar penginstalan SSH Server pada OS Ubuntu dan Koneksi client Android lewat aplikasi Termux menggunakan SSH client. Silahkan kunjungi website https://www.openssh.com/ untuk informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini.

Akhir kata, demikian artikel ini dan apabila ada kendala, pernyataan, maupun tanggapan, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Berikut, mari kita lihat video mengenai "Cara menggunakan SSH dengan koneksi pada port dynamic, dan koneksi client OS Windows."

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url