Tik-Tok dan Cara Membuat Video Di Smartphone Menggunakan Aplikasi CapCut


CapCut

Bagaimana caranya membuat video yang mirip dengan video-video viral yang ada di Tik-Tok? Apakah membutuhkan keahlian khusus? Jawabannya akan dibahas pada artikel berikut ini.

Aplikasi yang akan kita gunakan adalah CapCut, adalah akronim dari Capture and Cut. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dengan mencarinya di search bar. Instal aplikasi ini dan nikmati pengeditan video tanpa watermark, sebagaimana ditemukan pada aplikasi editor video yang lain dimana aplikasi menggunakan watermark pada hasil video yang diedit.

Apakah ini adalah pertama kali kamu mengedit video?

Untuk kamu yang baru belajar mengedit video, memulai dengan CapCut merupakan langkah awal yang tepat.

Aplikasi ini  lengkap dan hasil akhir yang didapat akan terlihat profesional, sedangkan  aplikasi ini mudah digunakan bagi para pengguna awam. Berikut langkah-langkah menggunakan CapCut dalam menghasilkan video pertamamu:

  1. Buka aplikasi Capcut.
  2. Klik ikon + di menu New project.
  3. Sediakan foto atau video untuk ditampilkan dieditor CupCut. Misalnya rekam dulu dengan camera atau foto objek yang akan kita buat video.
  4. Jika sudah memilih, tekan Add dan tunggu hingga proses selesai.
  5. Kamu akan memasuki halaman editor dan akan terlihat berbagai fitur. Jika masih ada video yang ingin ditambah, klik ikon +.
  6. Tambahkan audio dengan melakukan klik pada ikon Audio.
  7. Klik Sounds untuk memilih lagu latar video. berbagai lagu telah tersedia tersedia, atau kamu ingin  menggunakan lagu yang ada di HP mu, maka klik menu Your sounds.
  8. Atur timeline lagu yang telah dipilih dengan meng-klik musik tersebut.
  9. Jangan lupa mute audio asli dari video agar suaranya tidak bentrok. Kamu juga bisa memilih lebih dari satu lagu.
  10. Sudah selesai menambahkan lagu? Sekarang coba menambahkan teks, stiker, efek, dan menu lainnya menggunakan pilihan yang tersedia.
  11. Akan ada ending default yang menampilkan logo CapCut, apabila kamu tidak menginginkannya, klik pada bagian tersebut dan pilih Delete.
  12. Jika sudah rampung mengedit, klik ikon Export di kanan atas layar
  13. Tentukan resolusi video dan frame rate, lalu klik Export. Tunggu hingga proses selesai.
  14. Untuk membagikannya langsung ke Tik-Tok, kamu dapat mengklik tautan yang tersedia apabila export video telah selesai.
atau akan tersedia platform lainnya yang akan muncul setelah proses export selesai, silahkan klik tombol yang tersedia. Jika tidak, klik Done.

Cara Membuat Transisi di CapCut

Ada fitur yang sangat menarik diaplikasi CapCut yaitu transisi. Untuk menggunakan fitur ini kamu harus memiliki setidaknya dua foto atau video. Diantaranya akan diletakkan transisi, dan apabila video diputar misalnya antara foto 1 dan foto 2 akan adaefek transisi yang menjadikan video kamu akan terlihat lebih mempesona. Akan lebih mempesona lagi apabila video ini, yang misalnya memuat dua foto, dibarengi dengan musik yang menghentak.

Bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasan berikut ini:

  1. Buka aplikasi CapCut dan pilih New project.
  2. Pilih 2 atau lebih, foto atau video.
  3. Diantara 2 foto atau video yang dimasukkan dalam editor akan ada garis yang menandakan transisi. Klik garis itu untuk menambahkan transisi.
  4. Apabila kamu ingin menambahkan musik latar, silahkan tambahkan audio. Cari musik yang menghentak, misalnya lagu Tokyo drift di search bar dan klik ikon tambah untuk menambahkan.
  5. Edit secukupnya.
  6. Terakhir, untuk membuat video utuh export dengan menekan ikon panah diatas kanan layar. 

Kesimpulan

Membuat video pada smartphone semakin mudah dengan adanya aplikasi yang tersedia di Play Store. Aplikasi yang kita bahas diatas bernama CapCut aplikasi terbaik video editor yang memberikan hasil video tanpa adanya watermark pada hasil akhir tersebut. Begitu berbeda dengan aplikasi lain yang menawarkan pembuatan video namun menyertakan watermark pada hasil akhir video. Ini akan menjadikan ketidakpuasan dalam hasil akhir video kita.

Akhir kata, demikian artikel kali ini dan apabila kamu ada kendala atau pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url